Jumat, 08 Januari 2016

#JustCollegeThings Rencana Studi

Halo! Cie yang udah masuk sekolah lagi. Tahun baru, semangat baru. Semangat buat belajar, semangat buat meraih cita-cita. Meninggalkan SMA tercinta; berpisah dengan teman-teman, adik-adik kelas, guru-guru terkasih; mengumpulkan memori-memori terakhir yang akan kalian cetak di dalam buku kenangan masa putih abu-abu yang tiada terganti; menutupnya dengan sampul bertuliskan ungkapan penuh harapan: "see you on top, friends!" ....

Cie baper.

Seperti biasa, belajarnya distop dulu sebentar, sebab kali ini admin bawa pembahasan lagi soal hal-hal yang perlu kalian ketahui perihal dunia perkuliahan. Kali ini kita bakal ngebahas rencana studi.

Kalian udah punya rencana setelah SMA ini mau lanjut ke program studi apa? Oke.

Di perguruan tinggi mana? Sip.

Ambil berapa SKS? Ehm ....

Ambil mata kuliah apa aja? Prasyaratnya udah terpenuhi semua belum? Di kelas mana? Dosennya siapa? Jadwalnya kapan? Peminatan apa nanti?

Iya, di kuliah nanti rencana studi kalian bakal seterperinci itu. Mungkin itu salah satu sebab orang bilang kuliah itu lebih bebas dari sekolah. Semua itu bisa kalian pilih sendiri.

Sistem rencana studi ini ada di banyak perguruan tinggi. Biasanya di awal tiap semester kalian bakal diminta buat ngisi Isian/Kartu Rencana Studi (IRS/KRS), baik tertulis di atas kertas formulir maupun online lewat web portal akademik masing-masing perguruan tinggi.

IRS ini nantinya diisi dengan mata kuliah apa aja yang mau kalian ambil dan oleh dosen yang mana kalian mau diajari. Dari situ akan terbentuk jadwal kuliah dan kelas-kelasnya. Biasanya di tiap semester ada jumlah SKS maksimal, beberapa mata kuliah wajib yang harus diambil, dan jumlah maksimal mahasiswa tiap kelas yang diajar tiap dosen. Jadi ada batasan-batasannya dan biasanya kalian bakal rebutan jadwal/kelas/dosen sama temen-temen kalian. Kalo kalian agak bingung dengan konsep SKS, mungkin akan dibahas di lain postingan.

Walau keliatannya sederhana, tapi kalian nggak bisa sembarangan ngisi IRS loh. Harus ada poin-poin yang jadi pertimbangan kalian, sebab rencana studi ini bisa berpengaruh buat masa depan studi kalian dan terpengaruh oleh riwayat studi kalian.

Yang pertama dan yang paling sering jadi rebutan adalah dosen. Ada beberapa tempat yang punya kebijakan pemaketan rencana studi semester pertama, jadi kalian nggak punya kesempatan buat ngisi IRS sendiri. Kalaupun ngisi, biasanya cuma buat latihan aja buat di semester-semester depan.

Seiring waktu berlalu, kalian akan tau dosen mana aja yang sesuai dengan karakter kalian. Kalian juga akan kenal dan dekat dengan kakak-kakak tingkat yang dengan senang hati akan menceritakan pengalamannya diajari oleh dosen-dosen mereka. Akhirnya ketika tiba waktu pengisian IRS berikutnya kalian udah punya dosen incaran dan buru-buru mendaftar jadi muridnya sebelum keduluan temen-temen kalian.

Berikutnya adalah jadwal. Di SMA sebagian besar dari kalian yang ikut ekskul udah belajar cara ngatur waktu berorganisasi biar nggak bentrok sama jadwal belajar. Di kuliah bisa sebaliknya, jadwal kuliah yang kalian atur biar nggak bentrok sama jadwal berorganisasi, istirahat, dan nyuci baju. Tergantung prioritas kalian. Tapi jadwal kelas biasanya ngikutin jadwal dosen. Jadi tinggal pilih, kalian mau jadwal-oriented atau dosen-oriented.

Selanjutnya adalah mata kuliah yang mau kalian ambil di semester-semester yang akan datang. Ibarat Sid Meier's Civilization, teknologi combustion nggak bisa kalian dapetin sebelum kalian punya teknologi explosives. Di kuliah juga gitu, ada beberapa mata kuliah yang jadi prasyarat biar kalian bisa ngambil mata kuliah lain, jadi kalian harus ambil mata kuliah Matematika Ekonomi I—dan lulus dengan nilai minimal tertentu—biar bisa ngambil Matematika Ekonomi II di semester yang akan datang. Tapi ada juga mata-mata kuliah yang prasyaratnya ada di semester yang sama. Biasanya mata kuliah teori jadi prasyarat buat mata kuliah praktikumnya. Ya iyalah.

Yang terakhir adalah minat kalian sendiri. Di luar mata kuliah wajib semester dan wajib peminatan biasanya ada mata-mata kuliah pilihan yang bisa kalian ambil sesuai dengan minat kalian asal prasyaratnya terpenuhi dan masih ada slot SKS. Kalo kalian kuliah di program studi fisika dan pengen mendalami astronomi, kalian bisa ambil mata kuliah Mekanika Benda Langit. Kalo kalian kuliah di ilmu komputer dan deep inside kalian masih anak biologi, kalian bisa ambil Bioinformatika. Asik kan?

Cukup jelas? Cari info soal program studi di universitas yang mau kalian ambil dan pikirin garis besar rencana studi kalian biar sesuai dengan cita-cita kalian selulus kuliah nanti. Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar