Jumat, 11 Desember 2015

#JustCollegeThings Program Kreativitas Mahasiswa

Hai hai semua! Belajarnya udah sampe mana? Coba dijeda dulu belajarnya dan simak pembahasan kali ini. Tiba-tiba admin jadi terpikir buat ngebahas hal-hal yang terkait dengan dunianya anak kuliah biar kalian nggak buta-buta amat nantinya. Dan hal yang terlintas di pikiran admin buat dibahas kali ini adalah soal PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa.

PKM adalah program tahunan dari Kemenristekdikti buat para mahasiswa. Judul acaranya udah self-explanatory lah ya, tujuannya sebagai wadah pengembangan kreativitas mahasiswa. Kreativitasnya yang kayak gimana? Jangan ngebayangin acaranya bakal kayak semacem event lomba kesenian atau olahraga di jaman SMA. Di sini yang bakal diasah adalah kreativitas kalian buat menghasilkan karya-karya nyata yang bisa berguna bagi masyarakat.

Ada beberapa cabang di PKM. Ada PKM-P atau penelitian. Ada PKM-KC atau karsa cipta. Ini cocok buat kalian yang seneng ngoprek dan kreatifnya hi-tech. Ada PKM-T atau penerapan teknologi. Bedanya sama PKM-KC itu, di PKM-T penerapan teknologinya ditujukan buat secara langsung membantu masyarakat produktif, dan biasanya nggak se-hi-tech PKM-KC. Ada PKM-M atau pengabdian masyarakat. Bedanya sama PKM-T, di PKM-M kalian membantu masyarakat yang kurang atau tidak produktif. Ada lagi PKM-K atau kewirausahaan, buat kalian yang kreatif ngedesain produk dan berwirausaha. Ada PKM-AI atau artikel ilmiah. Yang terakhir ada PKM-GT atau gagasan tertulis, buat kalian yang seneng berkhayal dan membayangkan apa yang bisa dibuat jadi lebih baik di sekitar kalian.

Wih kayaknya asik tuh kak. Aku jadi minat nih, tapi takut nantinya kebentur soal biaya ....

Tenaaang! Jangan takut lingkaran kreativitas kalian nantinya bersinggungan dengan kurva urusan pendanaan. Nantinya kalian bakal dapet pendanaan langsung dari Kemenristekdikti. Biasanya pendanaan maksimal sekitar Rp12jt.

Biar lebih jelas, admin dibantu kak Fajar yang ikut PKM-KC sama kak Anjas yang ikut PKM-KC juga dan PKM-M nih. Di kalangan universitas, PKM itu bener-bener ajang yang bergensi banget. Jadi banyak universitas yang bener-bener menganjurkan mahasiswanya buat ikutan PKM. Bahkan beberapa universitas ada yang ngewajibin PKM buat sebagian atau seluruh mahasiswanya. Misalnya di UNPAD, kata kak Fajar ada program dari universitas yang ngewajibin mahasiswa baru buat ikut PKM. Di prodinya kak Anjas juga katanya ada wajib PKM buat seluruh mahasiswa baru.

Di universitas atau fakultas atau prodi yang mewajibkan mahasiswanya buat ikutan PKM biasanya bakal ada semacem acara sosialisasi atau pelatihan mengenai PKM. Di situ biasanya sekalian dibentuk tim-timnya kalo kalian belom punya tim. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari dan merumuskan ide. Kalian mau ikut PKM apa dan mau bikin apa. Berikutnya adalah bikin proposal sebagai paparan ide tim kalian yang nantinya akan diseleksi di fakultas atau universitas, tergantung sistem di masing-masing universitas. Kalo ide kalian diterima, kalian akan dapet pendanaan sesuai dengan yang tertera di proposal kalian. Setelah itu, mulailah kalian ngerjain proyek yang jadi gagasan tim kalian.

Puncaknya PKM adalah Pimnas atau Pekan Ilmiah Nasional. Di sana kalian bakal ketemu dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas yang bawa karya-karya mereka dan siap bersaing dengan tim kalian. Nanti karya kalian bakal dipresentasiin di depan juri. Setelah itu nunggu pengumuman juara deh. Yang jadi rebutan adalah gelar juara umum buat universitasnya. Tahun 2014 lalu yang jadi juara umum UGM, tahun 2015 ini juaranya UB. Tahun depan, doakan saja kakak-kakak kalian ini yang akan saling bersaing biar dapet hasil terbaik. Depannya lagi? Mungkin kalian yang akan bawa nama universitas kalian kelak buat dapet gelar juara umum.

Admin pernah ikutan sosialisasi PKM dan dapet beberapa tips nentuin gagasan, milih judul, dan bikin proposal yang baik. Mungkin masih terlalu jauh buat kalian, jadi ini sekadar FYI aja sih siapa tau di antara kalian ada yang setelah baca beberapa paragraf di atas langsung terinspirasi.

Pertama, ide atau topiknya dulu. "Pilih masalah aktual, hangat, relevan, dan mendesak." Istilah kitanya mah, masalah yang lagi jadi trending topic. Topik yang hangat pastinya punya nilai tambah karena kita jadi ikut mencarikan solusi bagi masalah yang sedang terjadi. Berikutnya pilih judul proyek (baca: proposal) kita. Sebisa mungkin judulnya "harus mampu memikat pembaca pada pandangan pertama." Atau kata orang luar, eye-catching. Kabarnya ada proposal-proposal yang nggak begitu diperhatiin, bahkan sama sekali nggak dibaca juri cuma karena judulnya nggak menarik. Buat pembuatan proposal nanti ada panduan resminya. Yang penting jangan melenceng dari panduannya dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kaidah tata Bahasa Indonesia yang baku, baik, dan benar.

Cukup sekian mungkin yah. Sekarang ini sih yang penting fokusin usaha kalian buat lulus UN dengan nilai yang memuaskan dan lolos ke perguruan tinggi yang kalian idamkan. Tapi nggak ada salahnya juga sih mulai ngumpulin ide buat ikutan PKM nanti kalo setelah baca postingan ini kalian jadi beneran terinspirasi. Kalo ada yang kurang jelas boleh loh ditanya-tanya ke admin-admin lain di berbagai saluran socmed kita. Semoga kalian dapet hasil yang terbaik di segala usaha yang sedang kalian jalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar