Jumat, 09 Oktober 2015

#LessCommonMajor Sistem Komputer

Hai semua! Gimana persiapan masuk kuliahnya? Masih ada yang bingung mau masuk mana? Admin bawa review program studi lagi nih. Kali ini dari kelompok rumpun informatika. Tapi sepengalaman admin sih, prodi ini sering luput dari obrolan anak-anak IT sendiri. Apa tuh? Kali ini kita bakal ngebahas sistem komputer.

Sistem komputer emang agak beda sih dibanding program studi rumpun informatika lainnya. Kalo yang kalian tau sistem informasi, ilmu komputer, dan teknik informatika itu berat di software, sistem komputer ini berat di hardware. Di Indonesia, PTN yang menyediakan program studi sistem komputer ada UNAND, UNTAN, UNSRI, dan UB. Di UI juga ada, tapi namanya Teknik Komputer di Fakultas Teknik.

Review ini datangnya dari kak Stefanus yang sekarang kuliah di Sistem Informasi UB. Di UB, program studi Sistem Komputer, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi dinaungi fakultas yang sama yaitu Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM). Jadi kak Stefanus juga sedikit-sedikit dapet materi kuliah tentang dasar-dasar sistem komputer.

Jadi, kayak yang udah admin jelasin di atas, yang dipelajari di sistem komputer adalah hardware atau perangkat kerasnya. Di sana kalian bakal mempelajari gimana cara kerja komputer secara fisiknya, gimana arsitektur komputer yang efisien, dll. yang mungkin di sekolah cuma kalian dapetin seujung kuku.

Karena mempelajari perangkat fisik, pastinya selain informatika dan matematika, kalian juga harus punya basis yang cukup di bidang fisika, terutama kelistrikan. Namanya juga hardware komputer, pasti kalian akan belajar juga tentang elektronika.

Terus bedanya sama teknik elektro apa dong kak?

Bedanya, yang dipelajari di elektro itu kan kelistrikan secara lebih umum. Kalaupun di teknik elektro kalian belajar tentang komputer, komputer yang dipelajari di sana dasarnya banget. Jadi sistem komputer ada di tengah-tengah antara teknik elektro dan ilmu komputer/teknik informatika.

Kok tampak nggak asik kak?

Walah kata siapa? Kalo kalian mau bisa merancang komputer sendiri yang kinerjanya lebih mangkus dan sangkil dibanding komputer-komputer yang ada sekarang, sistem komputer cocok banget nih buat kalian. Apalagi kalo kalian mau membangun perusahaan sendiri sekelas Apple Inc. atau Microsoft Corp., ilmu yang kalian dapet di sistem komputer ini bisa banget jadi basisnya.

Urusan prospek kerja nggak usah khawatir lah. Seperti kata orang, "lulusan IT dibutuhin di mana-mana." Setelah lulus dari sistem komputer, kalian bisa kerja jadi arsitek komputer, analis sistem komputer, insinyur komputer, insinyur jaringan, pengelola sistem, IT support, dan software developer. Jadi wirausaha juga bisa asal kalian kreatif mengembangkan ilmu kalian.

Karena dasarnya lulusan semua jurusan bisa jadi wirausaha, asal kreatif.

Gimana? Jadi tampak asik kan? Seperti biasa, kalo ada yang kurang jelas bisa ditanya ke admin-admin lain di berbagai saluran media sosial kita. Selamat balik belajar lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar