Jumat, 25 September 2015

#LessCommonMajor Kartografi

Selamat malam para pejuang 2016! Admin balik lagi nih dengan ulasan salah satu program studi yang mungkin jarang atau bahkan nggak jadi bahan obrolan anak Smansasi. Apa tuh? Kali ini kita bakal ngebahas kartografi. Paan tuh?

Anak IPS yang rajin belajar geografinya pasti tau atau seenggaknya pernah denger istilah kartografi. Singkatnya, kartografi adalah ilmu pembuatan peta. Di Indonesia, sampai tulisan ini dibuat, PTN yang menyediakan program studi kartografi cuma UGM.

Peluang tuh!

Review kali ini datangnya dari katingnya kak Dadan, namanya kak Eka Nurcahyati, anak Kartografi dan Pengindraan Jauh (KPJ) UGM 2014. Sekadar info, KPJ UGM bernaung di bawah Jurusan Sains Informasi Geografi dan Pengembangan Wilayah (SIGPW) di dalam Fakultas Geografi. Walau geografi, tapi KPJ ini termasuk golongan prodi saintek.

Langsung aja. Yang dipelajari di kartografi ini dasarnya adalah pembuatan peta dari sudut pandang geografi. Jadi peta yang dibuat bukan peta yang kayak ada di undangan nikahan. Selain pembuatan peta, di sini kalian juga bakal belajar Sistem Informasi Geografis (SIG).

Buat mendukung kartografi, kalian bakal mendalami pengindraan jauh. Pengindraan jauh adalah pengukuran atau pemerolehan data dari suatu objek tanpa bersentuhan langsung dengan objek tersebut.

Satelit? Iya, satelit.

Yang jadi fokus pengindraan jauh adalah interpretasi citra yang diperoleh dari satelit. Jadi kalian belajar menentukan objek apa yang ada di gambar hasil jepretan satelit nun jauh di atas sana.

"Terus bedanya sama geodesi apa dong kak?"

Kalo ada yang bilang KPJ mirip sama geodesi, di geodesi yang dipelajari pembuatan peta dasar aja, sedangkan di KPJ kalian bakal ngembangin peta dasar itu jadi peta tematik.

Buat masuk KPJ, kalian nggak mesti bisa nggambar atau bisa CorelDraw™ kok. Kata kak Eka, yang penting buat kalian yang mau masuk kartografi pastiin kalian nggak buta warna biar nggak kesulitan waktu mengolah citra satelit.

"Yang bikin KPJ asik apa kak?"

Kalo kalian seneng dengan keindahan berbagai warna, kalian pasti betah di KPJ. Soalnya kalian bakal selalu berurusan dengan berbagai peta dan citraan satelit dengan berbagai warnanya. Kalian juga bakal tau berbagai jenis peta yang cuma segelintir orang yang tau. Kalian nggak tau kan ada jenis peta yang bentuknya kayak kupu-kupu? Selain peta, kalian juga akan sedikit belajar tentang satelit.

Soal prospek kerja nggak usah cemas. KPJ dibutuhin di banyak tempat kok. Di pemerintahan, KPJ dibutuhin di LAPAN, TNI, BIN, Kementerian LH, Kementerian ESDM, Kemenpera, LIPI, BNPB, dan masih banyak lagi. Di swasta, KPJ dibutuhin di perusahaan survei, konsultasi, pemetaan, pertambangan, perhutanan, perbankan, dll.

Gimana? Cukup menarik-kah? Kalo ada yang kurang jelas, bisa ditanya ke berbagai saluran medsos kita kok. Insya Allah admin-adminnya siap melayani dengan sepenuh hati. Semoga sukses!

3 komentar:

  1. Kak saya mau tanya, sekarang kak eka bekerja dimana ya, ? mohn informasinya, biar tambah yakin masuk KPJ
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Kak saya mau tanya, sekarang kak eka bekerja dimana ya, ? mohn informasinya, biar tambah yakin masuk KPJ
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Harrah's Resort Southern California - Mapyro
    Get 용인 출장안마 directions, 태백 출장안마 reviews 양산 출장샵 and information for Harrah's Resort Southern California in Valley 동두천 출장샵 Center, CA. Valley Center - 777 Harrah's Rincon 광명 출장마사지 Way, 92082, United States

    BalasHapus