Jumat, 23 Oktober 2015

#LessCommonMajor Elektronika dan Instrumentasi

Selamat malam semuanya! Ciye yang lagi pada belajar .... Coba distop dulu sebentar buat baca review program studi kali ini, karena pasti akan menarik buat kalian, terutama anak IPA. Kalo kalian punya minat di bidang elektronika dan kelistrikan, mungkin yang terpikir oleh kalian cuma ngejar program studi teknik elektro. Sebetulnya ada satu lagi nih program studi yang bisa jadi pertimbangan kalian peminat kelistrikan, yaitu elektronika dan instrumentasi, atau yang biasa disebut elins.

Elins sama teknik elektro bedanya emang tipis sih, soalnya sama-sama mempelajari elektronika dan kelistrikan. Di Indonesia, sampai postingan ini dibuat, PTN yang menyediakan program studi S1 elins cuma UGM nih. Buat jenjang D3, ada Instrumentasi Elektronika di UNDIP. Di jurusan Fisika UI dan UNSRI juga dipelajari kok, tapi nggak berdiri sebagai program studi.

Review kali ini datangnya dari temennya kak Dadan lagi, namanya Kurniawan Shakti dan Endang Pertiwi, anak Elektronika dan Instrumentasi UGM 2015. Sekadar informasi, elins di UGM ada di Fakultas MIPA dan bernaung di bawah Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika (JIKE) bareng program studi ilmu komputer. Dulunya elins pecahan dari program studi fisika dan ilmu komputer pecahan dari program studi matematika. Kemudian keduanya melepaskan diri dari jurusannya masing-masing lalu membentuk JIKE.

Yang dipelajari di elins, ya, elektronika. Tapi di elins ini nggak kelistrikan melulu kok. Kalian akan belajar juga pemrograman, sistem cerdas, bahkan robotika. Namanya juga "instrumentasi". Buat anak IT jangan khawatir bakal terpisah dari komputernya, karena di elins juga belajar dasar-dasar komputer kok, meski nggak mendalam.

Sama aja kayak teknik elektro sama sistem komputer dong kak.

Beda. Di teknik elektro, yang jadi fokus adalah kelistrikan arus kuat, sedangkan di elins yang jadi fokus adalah arus lemah dan langsung (DC). Di elins juga bakal belajar merancang sistem cerdas lebih jauh dibanding teknik elektro. Dibanding sistem komputer ya itu tadi. Komputernya elins nggak sedalam sistem komputer atau anggota rumpun informatika lainnya.

Terus apa yang bikin aku harus berhenti sejenak dan mulai melirik elins kak?

Ih elins tuh keren parah! PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta) tuh kerjaan anak elins banget, sebab yang dipelajari di elins itu udah jadi dasar yang pas banget. Kalian juga bisa merancang robot, automata, mikrokontroler, dan apapun sebebas kreasi kalian. Meskipun ada di FMIPA, tapi anak elins nggak kalah deh dari anak teknik. Pokoknya elins cocok banget buat kalian yang kreatifnya hi-tech.

Prospek kerjanya jangan khawatir! Anak elins pasti dibutuhin banget di berbagai perusahaan, terutama yang produknya berbasis elektronika. Selain itu, kalian bisa jadi teknisi, programmer, atau, kalo kalian cukup kreatif, wirausahawan.

Oh iya, walau tampak sangat teknik dan dominan cowok, buat yang cewek-cewek jangan khawatir masuk elins. Kelistrikannya elins kan tegangan rendah, jadi nggak berbahaya. Selain itu jangan pernah khawatir bakal terpojok dari cowok-cowoknya, justru mereka bakal siap banget ngelindungin kalian kok, karena cewek-cewek elins adalah cewek-cewek spesial.

Asik.

Gimana? Udah mulai goyah dan mulai melirik elins? Atau ada yang kurang jelas? Bisa ditanyain ke admin-admin kita langsung lewat berbagai saluran media sosial kita kok, insya Allah mas-mbaknya siap ngejawab. Balik belajar lagi gih, semoga kalian dapet hasil yang terbaik. Selamat belajar!

1 komentar:

  1. mau nambahin, buat jenjang D3 di UGM jg ada. Masuknya di fakultas Sekolah Vokasi, departemen Teknik Elektro dan Informatika.

    BalasHapus