Sabtu, 12 Maret 2016

Organisasi Diri

Ditulis oleh Aditya Fachry Indianto, Teknik Perkapalan UI 2015

Dunia perkuliahan merupakan dunia yang amat seru, luas, dan penuh dengan pilihan. Kalian bisa hidup tenang dengan hanya masuk kelas lalu langsung pulang setelahnya, atau kalian bisa mengisi dunia tersebut dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dapat memberi nilai tambah bagi diri kalian. Kalian yang menentukan.

Banyak sekali hal yang dapat dilakukan di dunia perkuliahan. Mari kita ambil contoh dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), tempat penulis berkuliah. Di FTUI, ada lebih banyak event dan program kerja dibanding jumlah hari dalam satu tahun. Tidak sedikit penyelenggara program kerja tingkat fakultas maupun tingkat universitas yang membentuk kepanitiaan dengan melakukan rekrutmen terbuka bagi semua mahasiswa. Pasti sudah terbayang bagaimana sibuknya mahasiswa-mahasiswa di sini. Organisasinyanya pun ada banyak, dari tingkat departemen sampai tingkat fakultas. Belum termasuk kegiatan-kegiatan dan organisasi se-UI yang peserta dan anggotanya merupakan campuran dari berbagai fakultas.

Ketika kalian memutuskan untuk terjun di dunia tersebut maka harus ada persiapan dari diri kalian sendiri. Persiapan tersebut bertujuan agar kalian mempunyai komitmen untuk apa yang akan kalian lakukan. Komitmen tersebut akan menjadi kontrak antara kalian dengan organisasi atau kegiatan kepanitiaan karena banyak orang akan bergantung pada kalian. Seperti apa persiapan yang harus kalian lakukan?

Menjaga kesehatan

Kesehatann adalah yang paling berharga. Kalian tidak mungkin berkegiatan secara produktif dalam kondisi sakit. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana tetapi berdampak nyata pada kesehatan kalian seperti minum beberapa gelas air putih setiap pagi, olahraga, memperhatikan pola makan, dan istirahat yang cukup.

Olahraga penting dilakukan karena selain dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan energi kalian, olahraga juga dapat meningkatkan mood kalian serta dapat meredakan stres. Akan ada satu titik di mana kalian akan mengalami tekanan stres berlebih, baik yang berasal dari kelas, kegiatan ospek berkepanjangan, atau dari kegiatan organisasi dan kepanitiaan yang kalian jalani. Olahraga merupakan salah satu jalan keluar yang dapat kalian tempuh. Kalian bisa jogging mengelilingi kampus, bermain futsal bersama teman-teman, ataupun berenang.

Tugas-tugas di perkuliahan akan berbeda dari masa-masa sekolah dulu. Tugas yang harus kalian kerjakan (biasanya) akan lebih banyak dan lebih rumit dari yang kalian dapatkan di sekolah, belum lagi kewajiban-kewajiban organisasi dan kepanitiaan. Tugas-tugas tersebut dapat memakan sebagian waktu istirahat kalian. Kerjakanlah tugas-tugas kalian di awal waktu atau kerjakan di waktu-waktu senggang. Tujuannya adalah agar tidak mepet dengan deadline yang akan membuat kalian mengerjakannya hingga larut malam atau sampai pagi. Cicil tugas-tugas yang besar agar tidak menumpuk.

Merencanakan kegiatan harian

Penulis menyarankan agar kalian memiliki diary atau buku harian. Tujuannya agar kalian bisa mencatat segala appointment dan kegiatan yang akan kalian lakukan di hari-hari ke depan. Buku tersebut juga bisa kalian isi dengan catatan mengenai tugas-tugas kalian beserta deadline-nya. Fungsinya tentu saja agar kalian tidak lupa dengan semua hal tersebut.

Jadikan pagi hari kalian sebagai waktu untuk merencanakan kegiatan-kegiatan yang akan kalian lakukan pada hari itu. Buka buku kalian, catatlah setiap kegiatan yang harus dilakukan dan tugas yang harus dikerjakan. Harapannya adalah agar hari kalian menjadi lebih produktif dan tidak ada waktu terlewat sia-sia.

Mengatur waktu sangatlah penting dalam kehidupan perkuliahan. Tujuannya adalah agar kalian sendiri tidak kewalahan menjalaninya. Caranya adalah dengan selalu mengecek waktu ketika akan merencanakan suatu agenda. Jangan sampai terjadi agenda yang bentrok. Ketika kalian akan melakukan suatu kegiatan, cek kegiatan apa yang harus dilakukan setelahnya untuk menghindari agenda yang terlewat.

Tetaplah belajar

Serap ilmu sebanyak-banyak selama kalian bergelut di dunia perkuliahan dan ambil pelajaran dari berbagai kesalahan yang telah kalian lakukan agar kalian dapat selalu maju ke depan. Selain belajar materi kuliah dari kelas, kalian juga bisa belajar mengenai nilai-nilai kehidupan dan pelajaran lainnya dari berbagai sumber. Pelajaran-pelajaran tersebut dapat kalian temukan dengan ikut kegiatan organisasi, kepanitiaan, dan berbincang dengan senior. Senior yang sudah bergelut lebih dulu dari kalian pastinya memiliki lebih banyak ilmu tentang dunia perkuliahan.

Amati dan pelajarilah suatu kasus dari berbagai sudut pandang agar kalian dapat menentukan sikap dengan baik. Pembelajaran ini sangatlah penting karena kalian dituntut untuk bersikap dewasa di perkuliahan nanti. Kedewasaan tersebut dapat dibentuk dari sikap dan penentuan jalan keluar kalian dari setiap masalah yang kalian hadapi.

Memotivasi diri

Tujuan dari memotivasi diri adalah agar kalian selalu dalam kondisi yang bersemangat dan siap untuk menjalani hari. Banyak halang rintang yang akan kalian hadapi selama perkuliahan. Dengan semangat dari dalam diri kalian, segala rintangan tersebut dapat kalian atasi dengan lebih mudah.
Banyak cara yang kalian dapat lakukan untuk memotivasi diri kalian, misalnya

Menunjukkan rasa bersyukur

Penulis menyarankan agar kalian mengintrospeksi diri kalian setiap pagi. Pikirkan hal-hal yang kalian syukuri selama ini, salah satunya dengan selalu beribadah kepada Tuhan dan berdoa kepada-Nya. Tujuannya agar kalian lebih bersemangat dalam menjalani hari.

Merapikan meja kerja

Meja kerja yang dimaksud adalah meja tempat kalian belajar di kamar kalian. Memang terkesan sepele, tetapi meja kerja yang rapi dapat memberi kalian energi positif dan inspirasi dalam melakukan pekerjaan sehingga fokus kalian lebih tajam dan tugas kalian dapat selesai dengan lebih sempurna. Meja yang rapi juga dapat mengurangi rasa jenuh ketika mengerjakan suatu pekerjaan.

Melakukan kegiatan favorit

Ketika mengatur waktu, jangan lupakan waktu untuk diri kalian sendiri. Kalian pasti butuh waktu istirahat atau me-time. Setelah menyisihkan waktu untuk hal tersebut, tentukan apa yang kalian lakukan untuk mengisi waktu tersebut. Kalian bisa istirahat, berolahraga, membaca buku, atau mungkin bermain dengan hewan peliharaan kalian.

Selalu diingat bahwa dunia perkuliahan akan berbeda dengan dunia sekolah kalian. Kalian sendirilah yang menentukan seperti apa dunia kalian nanti. Dengan saran-saran tersebut, penulis berharap bahwa kalian dapat menguasai dunia perkuliahan, bukan tenggelam di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar